Letak dan Lokasi Kawah Ijen secara Geografis

Letak dan Lokasi Kawah Ijen – Wisata Gunung Ijen merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran, terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Jadi kawah Ijen identik dengan Kawah Ijen Banyuwangi atau Kawah Ijen Bondowoso. Tepatnya terletak di bagian ujung timur dari wilayah pemerintahan Provinsi Jawa Timur.
Lokasi obyek wisata Kawah ijen jika dari Surabaya atau kota Malang menuju Kawah Ijen Bondowoso jaraknya sekitar 225 KM, dengan kendaraan darat (mobil/sepeda motor) sekitar 7 jam berkendara.
Fasilitas pariwisata kawah ijen saat ini sudah cukup lengkap, penginapan dan hotel juga sudah ada. Jika anda mengambil rute ke Kawah Ijen dari barat anda bisa menginap di hotel kawasan Bondowoso. Untuk hotel yang terdekat ke kawah ijen adalah hotel Catimor danHotel Arabica.  Jika dari arah Banyuwangi hotel tebaik yang bisa di pilih adalah Hotel Ijen Resort and Villas

Wisata Kawah Ijen secara geografi terletak antara 8°2’30’’ – 8°5’30” -114°12’30’ – 114°16’30’’ BT. Di bagian utara berbatasan dengan hutan lindung Gunung Remuk dan sebelah Barat berbatasan dengan jalan lintas Banyuwangi – Bondowoso, bagian selatan berbatasan dengan Sungai Banyu Linu dan batas sebelah timur adalah lereng Gunung Merapi. Dan mempunya ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut.

Bagi anda yang bingung memanfaatkan waktu liburan , silahkan anda kunjungi obyek wisata kawah Ijen. Rasa lelah dan letih saap pendakian ke Gunung Ijen akan terbayar dengan keindahan danau kawah yang berwarna kebiru-biruan dan Kawah Ijen merupakan danau asam terbesar di dunia serta salah satu dari 3 yang terbaik. Apalagi jika anda bisa melihat fenomena keindahan ijen bluefire / api biru Kawah Ijen